cover
Contact Name
Arjuna Rizaldi
Contact Email
arjuna@email.unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arjuna@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen
ISSN : 20860455     EISSN : 2338929X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen adalah wadah informasi berupa hasil peneltian, studi kepustakaan dalam rangka meningkatkan penelitian dan ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1: April 2022" : 11 Documents clear
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING YOUTUBE, INSTAGRAM, DAN TWITTER TERHADAP BRAND AWARENESS PADA GENERASI Z (Studi Kasus Pada Radio Play99ers 100FM Bandung) Agatha Indah Febrianti; Marheni Eka Saputri
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.3079

Abstract

Pengguna intenet mengalami peningkatan yang sangat pesat di Indonesia, salah satunya ialah generasi Z. Generasi ini melekat dengan social media dan perusahaan juga sudah banyak yang menggunakan social media menjadi salah satu media promosi untuk meningkatkan brand awareness, hal ini juga dimanfaatkan oleh Radio Play99ers 100FM Bandung. Social media yang digunakan oleh Radio Play99ers terdiri dari 3 platform yaitu youtube, instagram, dan twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah social media marketing youtube, instagram, twitter berpengaruh terhadap brand awareness. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS 25 for windows. Secara simultan dilihat dari uji t, terdapat pengaruh antara social media marketing youtube, instagram, dan twitter terhadap brand awareness pada generasi Z (Studi Kasus pada Radio Play99ers 100FM Bandung). Pengaruh social media marketing mempengaruhi brand awareness sebesar 0,330 atau sebesar 33% selebihnya yaitu 0,670 atau 67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk ke dalam penelitian ini. Kata Kunci: Brand Awareness, Generasi Z, Social Media Marketing
LITERATURE REVIEW: OUTSOURCING AND OFFSHORING DEVELOPMENT TO ECONOMIC CONDITIONS IN COVID-19 PANDEMIC Budi Harto; Panji Pramuditha
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.4349

Abstract

This research is based on the existence of a new trend in business activists, namely offshoring, where the system that is expected to use this new method is able to provide maximum business benefits by reducing costs to a minimum. Outsourcing cannot be separated from business activities as a third party in service, it is hoped that outsourcing can have a full impact on the company in order to minimize losses from less skilled employees. The Indonesian economy during the COVID-19 pandemic has become a new challenge for business activists recently. The method used in this research is (Systematic Literature Review) where the author makes a study in the results of journal articles that have been published domestically and internationally. The results of this review, produce a new reference, namely that outsourcing and offshoring in the economy in the era of the COVID-19 pandemic has a big impact, but it can be overcome by identifying problems, using low costs, as well as implementing effective, efficient and flexible.
BOOSTER EMPLOYEE PERFORMANCE: A CASE STUDY ON PT. HOU TECH INDONESIA Ahmad Nizar Yogatama; Nia Arsita; Sailil Ikrima
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.4380

Abstract

PT. Hou Tech Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di industri panel kayu yang masih bertahan di era disruptif tahu betul bahwa kualitas dan reputasi yang dimilikinya tidak terlepas dari peran tenaga kerja, tetapi saat ini menghadapi penurunan kinerja yang diduga berasal dari peningkatan tingkat kehadiran. Peneliti merasa perlu menilai kembali bagaimana keputusan yang tepat untuk PT. Hou Tech Indonesia agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja karyawan di departemen produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana membuat keputusan yang tepat untuk PT. Hou Tech Indonesia agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja karyawan di departemen produksi. Penelitian ini mengambil populasi dan sampel dari semua karyawan departemen produksi PT. Hou Tech Indonesia dengan total 108 karyawan menggunakan teknik simple random sampling yaitu semua karyawan bagian produksi di PT. Hou Tech Indonesia, yang bersedia memberikan semua informasi yang dibutuhkan peneliti. Data primer yang dikumpulkan oleh para peneliti dilakukan melalui kuesioner menggunakan skala Likert 5 poin dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatkan komitmen karyawan merupakan pilihan terbaik sehingga kinerja produksi karyawan akan meningkat.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONTINUANCE INTENTION Yolanda May Emmanuella Banjarnahor; Retno Setyorini
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.4492

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Continuance Intention pada pengguna Go-Food di Kota Bandung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Habit terhadap Continuance Intention pengguna Go-Food di Kota Bandung, mengetahui seberapa besar pengaruh Perceived Usefulness terhadap Continuance Intention pengguna Go-Food di Kota Bandung, mengetahui seberapa besar pengaruh Perceived Enjoyment terhadap Continuance Intention pengguna Go-Food di Kota Bandung, mengetahui seberapa besar pengaruh Perceived Ease of Use terhadap Continuance Intention pengguna Go-Food di Kota Bandung. Variabel independen yaitu Habit, Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment dan Perceived Ease of Use. Sedangkan variabel dependen yaitu Continuance Intention. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Go-Food di Kota Bandung. Teknik sampel dengan metode Nonprobability sampling dengan Purposive sampling yakni sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa Habit, Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention. Sedangkan Perceived Ease of Use tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention.
PENERAPAN DESIGN THINKING PADA SAYURBOX Jajang Ginanjar; Iwan Sukoco
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.5078

Abstract

Riset ini bermaksud untuk mengurai masing-masing tahapan pada Design Thinking yang dilakukan oleh Sayurbox (PT Kreasi Nostra Mandiri). Metode yang dipakai untuk riset ini adalah kualitatif dengan analisis secara deskriptif serta diurai pula penyajian melalui teori dari David Kelley dan Tim Brown. Hasil dari riset ini, Sayurbox (PT. Kreasi Nostra Mandiri) telah memanifestasikan bermacam pemecahan atau solusi yang padaawalnya hanya melakukan penawaran produknya melalui WhatsApp & Instagram menjadi bentuk aplikasi khusus berbasis daring dengan memanfaatkan implementasi design thinking. Selain itu Sayurbox telah berhasil melengkapi fitur dengan tidak terbatas hanya pada hasil pertanian tetapi tetapi berkembang lebih luas dengan produk-produk konsumen yang bergerak cepat, sehingga Sayurbox dapat menjangkau pelanggan dengan lebih luas berdasarkan preferensi kebutuhannya.
DAMPAK KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN Heru Setiawan; Muhammad Iqbal Baihaqi; Ismiralda Bebena
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.5253

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Sampel penelitian adalah karyawan di PT. Pos Indonesia Cabang Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner melalui uji instrumen berupa uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja karyawan baik secara simultan maupun secara parsial.
PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP PURCHASE DECISION SMARTPHONE DIMEDIASI BRAND TRUST Sherliana Halim; Nugraha Maulana; Ayuk Hidayanti; Reminta Lumban Batu
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.5349

Abstract

Smartphone saat ini telah menjadi sesuatu hal yang tidak bisa terlepas dalam kegiatan sehari – hari bagi kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Adanya perkembangan teknologi ini membuat industri smartphone terus berkembang dan mengalami persaingan yang begitu ketat. Perusahaan harus membangun dan mengelola merek melalui brand personality karena merek merupakan salah satu harta tidak berwujud bagi yang memiliki peranan penting sebagai dasar dari keunggulan kompetitif perusahaan. Kepercayaan konsumen terhadap suatu produk akan meningkat ketika perusahaan memiliki brand personality yang kuat. Adanya kepercayaan konsumen akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand personality terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung dimediasi oleh variabel brand trust. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 110 responden dari pengguna smartphone Samsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling simple random sampling menggunakan rumus Hair et al. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan data menggunakan analisis jalur dengan software Statistik Versi 21 dan LISREL 9.30 for student. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari brand personality terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung dengan dimediasi oleh brand trust.
PERANCANGAN KIOS IPTEK DALAM MANAJEMEN PERTANIAN BAGI PETANI Yumma Yustika Asmy; Rizqia Awalu Kamila; Leonardi Paris Hasugian
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.5529

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan terhadap kapasitas dan kapabilitas ketersediaan inovasi baru yang didapati dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini merupakan analisis dalam mengkaji manajemen pertanian pada media Kios IpTek berbasis Perubahan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pertanian. Metode dari penelitian ini dilakukan menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan menggunakan Model Analisis PEST dan SWOT. Hasil dari penelitian ini untuk mendapatkan kajian analisis terhadap manajemen pertanian pada media Kios IpTek berbasis perubahan Teknologi Informasi dan Komunikasi pertanian dan sejauh mana media Kios IpTek ideal atau tidak dalam memastikan perancangan dan pembangunan manajemen pertanian nantinya. Diharapkan dampak dalam kajian analisis manajemen pertanian dapat membantu para petani baik itu dari segi komoditas maupun pasaran usaha tani dengan mewadahi petani dalam pengimplementasian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Oleh karena itu para petani dapat lebih aktif mencari informasi baru secara mandiri dan menekan angka kosmopolitan petani di Indonesia. sehingga nantinya dapat meningkatkan pengelolaan segmentasi pertanian dalam pencapaian Ketahanan Pangan Indonesia.
PERAN PMDN DAN PMA TERHADAP PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN DI INDONESIA Suryatno Wiganepdo S; Herman S Soegoto
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.5838

Abstract

The purpose of this study is to find out the role of Domestic Investment (PMDN) and Foreign Investment (PMA) to reduce poverty in Indonesia. This study uses quantitative methods by processing data on the number of PMDN and PMA and the magnitude of poverty rates issued by the Central Bureau of Statistics, Bank Indonesia and the Ministry of Manpower and Transmigration. The analysis uses the method of panel least square dummy variables by conducting a combination analysis of time series data and cross section data by taking samples in 33 provinces in Indonesia. The amount of data used is a ten-year span, i.e., from 2010 to 2019. The results of the study prove that when there is an increase in domestic investment in thirty provinces in Indonesia, the poverty rate in Indonesia will decrease. The same result also occurred that foreign investment has a significant effect on the poverty rate in Indonesia. Although in general PMDN and PMA have a positive and significant effect in helping accelerate the reduction of poverty in Indonesia, based on the results of the analysis there are one to two provinces where PMDN or PMA do not have a positive effect and significant to reduce poverty in the province. Based on the results of this analysis, it is expected that the government can continue to encourage and create rules and policies that help increase the amount of investment through PMDN and PMA in all provinces, especially provinces that have a positive impact with the PMDN and PMA to improve people's welfare while reducing poverty in all provinces in Indonesia.
PERANAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM KEPUTUSAN BERKUNJUNG Wildan Nurhidayat; Della Maghfira Napu; Oman Sukirman
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 12 No 1: April 2022
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jurisma.v12i1.6239

Abstract

Kabupaten Sumedang berbenah dalam mengoptimalkan sektor pariwisata. Beberapa strategi direncanakan untuk menjadikan Kabupaten Sumedang menjadi destinasi wisata baru. Salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Sumedang adalah Kampung Karuhun. Kampung Karuhun menawarkan suasana pegunungan hijau yang masih asri dengan konsep eco green park sehingga wisatawan akan disuguhkan nuansa alam yang sangat kental. Tingkat kunjungan wisatawan yang fluktuatif menjadikan pengelola harus merancang strategi pemasaran untuk mempengaruhi keputusan calon wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi infomasi berupa electronic word of mouth (e-wom). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke kampung karuhun kabupaten Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripstif dan verifikatif menggunakan teknik analisis regresi berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 210 responden dengan teknik penarikan yaitu convenience sampling. Hasil pengujian menunjukan electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung berpengaruh secara simultan dan parsial. e-Wom positif memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung ke Kampung Karuhun.

Page 1 of 2 | Total Record : 11